Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN SIARAN RADIO MALAYSIA TERHADAP MINAT MASYARAKAT DESA SELATBARU BENGKALIS DALAM MENDENGARKAN RADIO LOKAL

T. WIKEL NOVRYAN, - (2022) PENGARUH PENGGUNAAN SIARAN RADIO MALAYSIA TERHADAP MINAT MASYARAKAT DESA SELATBARU BENGKALIS DALAM MENDENGARKAN RADIO LOKAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI T. WIKEL NOVRYAN.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : T. Wikel Novryan Nim : 11840313940 Judul : Pengaruh Penggunaan Siaran Radio Malaysia Terhadap Minat Masyarakat Desa Selatbaru Bengkalis Dalam Mendengarkan Radio Lokal Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan informasi yang terjadi pada masyarakat yang tinggal diwilayah perbatasan desa selatbaru bengkalis. Dengan kurangnya insfrastuktur penyiaran di perbatasan, membuat masyarakat diwilayah desa selatbaru menjadikan siaran radio Malaysia dan radio lokal sebagai sebuah opsi pilihan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan siaran radio Malaysia terhadap minat masyrakat desa selatbaru bengkalis mendengarakan radio lokal. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat desa selatbaru bengkalis berjumlah 3.940 jiwa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, berdasarkan kriteria tertenti menggunakan rumus slovin, didapatkan sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan Teknik metode angket (kuisioner) sebagai instrument utama dalam pengumpulan data. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Uses and Gratifications. Hasil dari penelitian berdasarakan hasil analisis, perhitungan koefisien korelasi dan uji signifikan pengaruh variabel x (penggunaan sradio Malaysia) terhadap variabel Y (Minat Masyarakat), diketahui bahwa koefisien korelasi 0,796 yang menunjukkan data bahwa berpengaruh kuat terhadap minat masyarakat, Hasil dari perhitungan besaran pengaruh penggunaan siaran radio Malaysia terhadap minat masyarakat desa selatbaru bengkalis dalam mendengarkan radio lokal, berada pada 79,6%Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan masyarakat sering menggunakan siaran radio Malaysia dalam keseharian dapat mempengaruhi minat masyarakat dalam mendengarkan radio lokal disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi. Kata Kunci : Radio, Tingkat Penggunaan Media, Minat Mendengarakan Radio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:30
Last Modified: 27 Sep 2022 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63750

Actions (login required)

View Item View Item