Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Small Group Discussion untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung.

Nur Jannah, - (2022) Penerapan Strategi Small Group Discussion untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung. Skripsi thesis, PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Jannah, (2022): Penerapan Strategi Small Group Discussion untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa siswa pada pembelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung melalui penerapan strategi small group discussion. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi small group discussion dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan kerjasama siswa sebelum tindakan hanya mencapai 46,25 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan kerjasama siswa meningkat dengan rata-rata 62,25 dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II kemampuan kerjasama siswa meningkat dengan rata-rata 85,26 berada pada kategori baik, artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi small group discussion dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung. Kata Kunci : Strategi Small Group Discussion, Kemampuan Kerjasama. 21/07/2022

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:31
Last Modified: 12 Sep 2022 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63675

Actions (login required)

View Item View Item