Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Poster Session untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Pinggir Kabupaten Bengkalis

Sri Wahyuningsih, - (2022) Penerapan Strategi Poster Session untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Pinggir Kabupaten Bengkalis. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sri Wahyuningsih, (2022): Penerapan Strategi Poster Session untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Pinggir Kabupaten Bengkalis Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran tematik muatan pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada tema indahnya keragaman di negeriku di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Pinggir melalui penerapan strategi poster session. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang berjumlah 1 orang guru dan 19 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Pinggir. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi poster session dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusterdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakanteknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasilpenelitian bahwa sebelum tindakan kemampuan berpikir kreatif siswa hanyamencapai 55,26 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan rata-rata 65,78 dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan rata-rata 80,26 berada pada kategori baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi poster session dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Pinggir. Kata Kunci : Strategi Poster Session, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:29
Last Modified: 12 Sep 2022 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63673

Actions (login required)

View Item View Item