Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGETAHUAN PENYEMBELIHAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI AYAM POTONG DI KELURAHAN DELIMA DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

AMINUDDIN, - (2022) PENGARUH PENGETAHUAN PENYEMBELIHAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI AYAM POTONG DI KELURAHAN DELIMA DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMINUDDIN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENGETAHUAN PENYEMBELIHAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSEMEN MEMBELI AYAM POTONG DI KELURAHAN DELIMA DI TINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH Oleh: Aminuddin 11725100991 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman pengetahuan penyembelihan halal terhadap keputusan konsumen membeli ayam potong tepatnya berada di Jl. Lobak, Kelurahan Delima, kota Pekanbaru. Menyembelih sesuai dengan syraiat islam merupakan faktor utama yang menjadi syarat halalnya memakan hewan darat yang boleh dimakan. Keputusan pembelian merupakan pemusatan perhatian yang dilakukan konsumen terhadap suatu barang dan akan menimbulkan kegiatan untuk membeli setelah dilakukan evaluasi yang semakin meyakinkan konsumen untuk membeli barang tersebut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian 35 orang. Adapun teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling, yaitu teknik pengambilan data dimana jumlah total populasi dijadikan sebagai sampel dalam pengujian. Sistematika teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data statistik deskriptif, regresi linear sederhaha dan korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan pengujian regresi sederhana secara parsial dengan hasil: Variabel Tingkat Ekonomi memiliki t hitung (0,706) < ttabel (1,280) nilai signifikan sebesar 0,485 < 0,05 yang berarti HO diterima. Dengan demikian bahwa pengetahuan penyembelihan halal terhadap keputusan pembelian konsumen tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara pengetahuan penyembelihan halal terhadap keputusan pembelian konsumen. (2) Menurut pendangan ekonomi syariah seorang muslim dalam memutuskan pembelian harus sesuai dengan ketentuan syariat Islam, oleh karna itu harus memahami terlebih dahulu sebelum memutuskan pembelian untuk di konsumsi. Dari hasil penelitian penulis menunjukkan rendahnya tingkat pengaruh pengetahuan penyembelihan halal terhadap keputusan konsumen tersebut yang seharusnya pengetahuan produk halal menjadi faktor penting dalam memutuskan pembelian sebagai seorang muslim. Kata Kunci: Pengetahuan Penyembelihan halal, Keputusan Pembelian Konsumen Ayam Potong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:56
Last Modified: 05 Aug 2022 04:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63380

Actions (login required)

View Item View Item