Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

RATRI MAWAR YUANA SARI, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RATRI MAWAR YUANA SARI (2022) : PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Model Blended Learning berbantuan aplikasi google classroom yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bangkinang, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis model Blended Learning berbantuan aplikasi google classroom pada materi aritmatika sosial. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model Blended Learning dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 83,79%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang siswa diperoleh bahwa LKS berbasis model Blended Learning sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 93,60% dan untuk kepraktisan kelompok terbatas yaitu 93,20%. Hasil uji soal post-tes diperoleh nilai yaitu 3,9655 > 1,6715. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis model Blended Learning berbantuan aplikasi google classroom pada materi aritmatika sosial yang telah dikembangkan memiliki dampak terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Model Blended Learning, Aplikasi Google Classroom, Aritmatika Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:45
Last Modified: 05 Aug 2022 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63375

Actions (login required)

View Item View Item