MIRNA ROHMAH, - (2022) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP SENSE OF HUMOR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP 7 RAMBAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV (MIRNA).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN (MIRNA).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP SENSE OF HUMOR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP 7 RAMBAH By: MIRNA ROHMAH Email : mirnarohmah81@gmail.com FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU ABSTRAK Fenomena yang terjadi pada sebagian besar siswa di SMP 7 Rambah memiliki motivasi dalam belajar menurun. Motivasi belajar belajar adalah suatu dorongan dalam diri siswa maupun yang diarahakan pada siswa sehingga dapat menumbuhkan dan meningkatkan semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajar pada siswa di SMP 7 Rambah. Subjek penelitian ini sebanyak 69 siswa kelas VII, VIII dan IX. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitafif dengan desain korelasional . Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala sense of humor yang disusun berdasarkan aspek-aspek sense of humor dan skala motivasi belajar yang disusun berdasarkan aspek -aspek motivasi belajar. Data yang diperoleh peneliti kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis product moment of pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat nilai signifikansi sebesar (p=0,001 <0,05) dan r=0,400 yang artinya terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajar pada siswa di SMP 7 Rambah. Tingkat kekuatan hubungan antara variabel berada pada tingkat sedang. Kata Kunci : Sense of humor, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 02:47 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 02:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63284 |
Actions (login required)
View Item |