Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NILAI MORAL NOVEL “SURGA YANG TAK DIRINDUKAN” KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

SITI NUR AULIA, - (2022) ANALISIS NILAI MORAL NOVEL “SURGA YANG TAK DIRINDUKAN” KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)

Abstract

SITI NUR AULIA (2022): ANALISIS NILAI MORAL NOVEL “SURGA YANG TAK DIRINDUKAN” KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Penelitian ini berjudul “Analisis Nilai Moral Novel “Surga yang Tak Dirindukan” Karya Asma Nadia dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Karya sastra merupakan ekspresi pikiran atau perasaan yang dituangkan dalam bentuk karya, untuk menuangkan pengalaman manusia dengan menggunakan bahasa yang menarik dan berkesan. Dalam karya sastra pasti terdapat nilai moral di dalamnya. Pengajaran sastra di sekolah memiliki tujuan diantaranya, yaitu agar siswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan dalam bidang sastra. Penelitian ini memiliki dua tujuan: (1) Untuk mengetahui bentuk nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Surga Yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia dan (2) Untuk mengetahui Relevansi nilai-nilai moral dalam pembelajaran bahasa indonesia di SMA. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik baca catat. Teknik analisis data yang digunakan menganalisis unsur-unsur, menganalisis nilai-nilai moral, mengaitkan nilai-nilai moral, menyimpulkan hasil penelitian nilai-nilai moral. Hasil keseluruhan dari analisis nilai-nilai moral terdapat 36 data yang teridentifikasi sebagai nilai-nilai moral yang terdiri dari hubungan manusia dengan diri sendiri ada 16 data, hubungan manusia dengan manusia lain ada 11 data, dan hubungan manusia dengan tuhan ada 9 data. Nilainilai moral ini dapat di relevansikan ke dalam materi bahasa indonesia kelas XII semester 2 KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan 4.9 merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis. Kata Kunci: Analisis Nilai Moral, dan Relevansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:34
Last Modified: 04 Aug 2022 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63234

Actions (login required)

View Item View Item