Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS BUKU AJAR TEMATIK TEMA “DIRIKU” UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 008 TAHUN 2016 SESUAI DENGAN TUNTUTAN KURIKULUM 2013

WIDYA FEBRI ANGGREINI, - (2022) ANALISIS BUKU AJAR TEMATIK TEMA “DIRIKU” UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 008 TAHUN 2016 SESUAI DENGAN TUNTUTAN KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Widya Febri Anggreini, (2022) : Analisis Buku Ajar Tematik Tema Diriku untuk Kelas I Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi kelayakan buku ajar tematik tema Diriku untuk kelas I Sekolah Dasar berdasarkan Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2016 tentang standar buku pelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya buku siswa yang tidak sesuai dengan Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian analisis. Subjek pada penelitian ini adalah buku ajar tematik tema Diriku untuk kelas I Sekolah Dasar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah analisis buku tematik berdasarkan Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis library research dan untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan menggunakan metode dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan teknis analisis isi, yaitu teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan dengan cara mengidentifikasi karakteristik tertentu pada pesan secara sistematis dan objektif. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa isi buku buku ajar siswa kelas I SD/MI tema diriku yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan secara keseluruhan sudah sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar, terutama materi SBDP. Selain itu masih terdapat kekurangan dalam menjabarkan materi PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika dan PJOK, dan ditinjau dari prinsipprinsip kurikulum 2013 secara keseluruhan semua prinsip telah terpenuhi terkecuali prinsip ketujuh yaitu kurikulum harus tanggap terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, budaya, teknologi dan seni dan sebagian besar aspek materi, kebahasaan penyajian dan kegrafikan buku sudah memenuhi Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2016, namun masih perlu adanya ketelitian dalam penggunaan kata istilah asing serta penyajian kegrafikan buku perlu diperbaiki dan dilengkapi. Kata kunci: Buku Tematik, Tema Diriku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:58
Last Modified: 03 Aug 2022 04:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63170

Actions (login required)

View Item View Item