Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Comment untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru.

NOVA ELIZA, - (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Comment untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)

Abstract

ABSTRAK Nova Eliza, (2022) : Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Comment untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa melalui penerapan strategi pembelajaran poster comment pada pembelajaran Tematik di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 27 siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran poster comment dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi poster comment dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Sebelum tindakan kemampuan mengemukakan pendapat siswa hanya mencapai 41,85% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan mengemukakan pendapat siswa mencapai 57,41% dengan kategori cukup dan pada siklus II kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat menjadi 83,15% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran poster comment dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Poster Comment, Kemampuan Mengemukakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:13
Last Modified: 03 Aug 2022 05:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63169

Actions (login required)

View Item View Item