Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA TEMA PRAJA MUDA KARANA DI KELAS III SD NEGERI 005 BUKIT TIMAH KOTA DUMAI

Oriza Satifa, Oriza (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA TEMA PRAJA MUDA KARANA DI KELAS III SD NEGERI 005 BUKIT TIMAH KOTA DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis narasi siswa melalui strategi pembelajaran critical incident berbantuan media gambar berseri di Kelas III SD Negeri 005 Bukit Timah Kota Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 1 orang guru dan 25 orang siswa kelas III SD Negeri 005 Bukit Timah, dan objek penelitiannya adalah strategi pembelajaran critical incident berbantuan media gambar berseri dan kemampuan menulis narasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes, sedangkan teknik analisisnya adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diketahui bahwa strategi pembelajaran critical incident berbantuan media gambar berseri dapat meningatkan kemampuan menulis narasi siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari grafik peningkatan kemampuan menulis narasi siswa sejak pra-siklus yang hanya mencapai nilai rata-rata 50 dengan kategori kurang, lalu meningkat pada siklus I menjadi 75,2 dengan kategori cukup, dan meningkat kembali pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,1 atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran critical incident berbantuan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa di Kelas III SD Negeri 005 Bukit Timah Kota Dumai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Critical Incident, Media gambar Berseri, Kemampuan Menulis Narasi
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:17
Last Modified: 02 Aug 2022 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63098

Actions (login required)

View Item View Item