NURUL ILMI PANE, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA MENJELAJAH ANGKASA LUAR DI MI MUHAMMADIYAH 03 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (995kB) |
Abstract
NURUL ILMI PANE (2022) : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA MENJELAJAH ANGKASA LUAR DI MI MUHAMMADIYAH 03 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat siswa pada tema Menjelajah Angkasa Luar di MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya daya ingat siswa dalam menguasai dan mengulang kembali materi yang telah dipelajari pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 36 orang siswa kelas VI MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata dan Daya Ingat Siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan pada setiap siklus dilakukan dua pertemuan.teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata dapat meningkatkan daya ingat siswa. Hal ini terlihat sebelum adanya tindakan, diperoleh rata-rata daya ingat siswa mencapai 56.7% dengan kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan pertama dengan penerapan model pembelajaran tebak kata pada siklus I, diperoleh rata-rata daya ingat siswa mencapai 73,5% dengan kategori kurang. Kemudian dilakukan kembali perbaikan pada siklus II, diperoleh rata-rata daya ingat siswa mencapai 81,4% dengan kategori cukup. Setiap siklus yang dilakukan memperoleh rata-rata daya ingat siswa tetap mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe tebak kata dapat meningkatkan daya ingat siswa pada tema Menjelajah Angkasa Luar di MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata, Daya Ingat Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 07:36 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 07:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63090 |
Actions (login required)
View Item |