Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SD AL-RASYID PEKANBARU

Aura Alisya, - (2022) MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SD AL-RASYID PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aura Alisya-11810820677 Full Tanpa BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Skripsi Aura Alisya-11810820677 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa kelas V Sekolah Dasar Al–Rasyid Pekanbaru melalui model pembelajaran Card Sort pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi siswa diantaranya siswa kurang melihat lawan bicara, kurang berbicara dengan suara yang jelas, ekspresi wajah yang kurang menyenangkan, dan kurang menerapkan tata bahasa yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Card Sort dan kemampuan berkomunikasi siswa. Penelitian ini terdiri dari II siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian analisis data bahwa penerapan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan kemampuan berkomunikasi siswa hanya mencapai 41,3% atau berada pada kategori kurang baik. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan berkomunikasi siswa meningkat menjadi 60,8% atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II, kemampuan berkomunikasi siswa mangalami peningkatan menjadi 75,3% atau berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:19
Last Modified: 02 Aug 2022 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63083

Actions (login required)

View Item View Item