Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa pada tema Indahnya Keragaman Negeriku subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Kelas IV SDN 004 Sei Jalau Kampar.

ZURIAH HASANAH PUTRI, - (2022) Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa pada tema Indahnya Keragaman Negeriku subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Kelas IV SDN 004 Sei Jalau Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zuriah Hasanah Putri, (2022): Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa pada tema Indahnya Keragaman Negeriku subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Kelas IV SDN 004 Sei Jalau Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tanggung jawab siswa dengan gejala dari 22 siswa hanya 10 siswa yang melaksanakan tugas individu dengan baik, dari 22 siswa hanya 14 siswa yang melakukan persiapan sebelum belajar, dari 22 siswa hanya 12 siswa yang mengerjakan sesuatu tanpa diminta dan dari 22 siswa hanya 12 orang yang mampu memecahkan permasalahan/soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa tanggung jawab siswa pada tema indahnya keragaman negeriku subtema indahnya keragaman budaya negeriku kelas IV SDN 004 Sei Jalau melalui penerapan strategi everyone is a teacher here. Penelitiannya berupa Penelitian Tindakan Kelas, subjek dari penelitian ini adalah guru dan 22 orang siswa kelas IV SDN 004 Sei Jalau Kampar yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun Teknik dalam pengambilan data yaitu menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan tanggung jawab siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil rasa tanggung jawab siswa hanya mencapai 51,52% yang tergolong pada kategori kurang baik. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas siklus I, kemampuan rasa tanggung jawab siswa meningkat menjadi 68, 70% atau tergolong pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan persentase menjadi 81,74% atau tergolong pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan tanggung jawab siswa pada tema indahnya keragaman negeriku subtema indahnya keragaman budaya negeriku kelas IV SDN 004 Sei Jalau Kampar. Kata Kunci: Strategi Everyone is a Teacher Here, Tanggung Jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:26
Last Modified: 02 Aug 2022 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63080

Actions (login required)

View Item View Item