Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SEGMENTASI PELANGGAN B2B BERDASARKAN PERILAKU PEMBELIAN DAN FIRMOGRAFI PADA PT. SUKSES RIAU PERMATA

NOVIA NURRAHMAH, - (2022) SEGMENTASI PELANGGAN B2B BERDASARKAN PERILAKU PEMBELIAN DAN FIRMOGRAFI PADA PT. SUKSES RIAU PERMATA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali BAB Hasil Penelitian (BAB IV dan atau BAB V) Novia Nurrahmah.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file BAB Hasil Penelitian (BAB IV dan atau BAB V) Novia Nurrahmah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelanggan merupakan aset yang berharga dan sangat berpengaruh bagi perusahaan retail. PT. Sukses Riau Permata (SRP) merupakan perusahaan distributor consumer goods dengan pelanggan mayoritas Business to Business (B2B). Masalah yang terjadi pada PT. SRP yakni adanya penurunan pelanggan sebesar 27% pada semester 2 tahun 2021 karena belum menjadikan Customer Relationship Management (CRM) sebagai strategi bisnis perusahaan. PT. SRP belum membedakan mana pelanggan yang memberikan keuntungan dan mana yang tidak bagi perusahaan sehingga masih menerapkan strategi pemasaran secara merata kepada seluruh pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi CRM dengan melakukan segmentasi pelanggan menggunakan algoritma clustering Fuzzy C-Means berdasarkan perilaku pembelian yang menggunakan Model LRFM dan segmentasi firmografi. Validitas yang digunakan untuk menguji hasil clustering adalah Davies Bouldin Index (DBI). Hasil clustering pelanggan didapatkan 6 cluster yang dianalisis berdasarkan karakteristik segmen dengan cluster pelanggan terbaik yaitu cluster 4 yang merupakan Superstar Segment dengan jumlah 383 pelanggan. Sedangkan cluster pelanggan terburuk yaitu cluster 6 yang merupakan New Dormant Segment dengan jumlah 298 pelanggan. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu usulan strategi pemasaran yang tepat sasaran sesuai dengan karakteristik masing-masing segmen pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:51
Last Modified: 01 Aug 2022 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62918

Actions (login required)

View Item View Item