NABILATUZZAHIDAH, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR AL IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nabilatuzzahidah (2022): Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPA Materi Gaya dan Gerak Kelas IV Sekolah Dasar Al Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPA materi gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar Al Izhar School Pekanbaru. Dengan masalah penelitian apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPA materi gaya dan gerak kelas IV Sekolah Dasar Al-Izhar School Pekanbaru?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Al Kindi dan kelas IV Al Jazari. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi langsung, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data uji t dimana data yang telah dikumpulkan diolah dan dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran outdoor learning lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA materi gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar Al Izhar School Pekanbaru. Dalam pengumpulan data, penelitian menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkah bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah sebesar 72,13 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 65,39. Berdasarkan analisis uji t hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung= 2,043 dan ttabel=1,675 pada taraf signifikan 5 %. Jadi thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPA materi gaya dan gerak kelas IV Sekolah Dasar Al Izhar School Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Outdoor Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 07:32 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 07:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62857 |
Actions (login required)
View Item |