Intan Kusumawati,, - (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Perbandingan Kelas VII SMPN 4 Tualang. Skripsi thesis, DEKAN FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Text (bab iv)
bab iv.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (641kB) |
||
|
Text
reposity uin suskr iau.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Intan Kusumawati, (2022): Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Perbandingan Kelas VII SMPN 4 Tualang Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Penilaian Hasil Belajar (PHB) yang valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika dengan jenjang pendidikan minimal S2. Objek penelitian ini adalah Perangkat Pembelajaran berbasis Pendekatan Kontekstual. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 4 Tualang. Desain penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa Angket dan soal postttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Perangkat pembelajaran hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidannya 93,54% (sangat valid), adapun perangkat pembelajaran berupa RPP tergolong kategori sangat valid (92,28%), LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (93,90%), Penilaian Hasil Belajar (PHB) tergolong kategori sangat valid (94,44%). Hal tersebut menunjukkan bahwa Perangkat Pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Penilaian Hasil Belajar (PHB) berbasis Pendekatan Kontekstual ini telah valid. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responden 6 orang siswa diperoleh bahwa LKS berbasis Pendekatan Kontekstual sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 91,2% dan kelompok besar dengan persentase tingkat kepraktisan 89,35% . Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Pengembangan perangkat pembelajaran sudah efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan bahwa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 03:20 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 03:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62701 |
Actions (login required)
View Item |