Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MAN 1 ROKAN HULU RIAU

SALMI, - (2022) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MAN 1 ROKAN HULU RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI BAB IV SALMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV SALMI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

HUBUNGANANTARADUKUNGANSOSIALORANGTUA DANMOTIVASIBELAJARDENGANKEMANDIRIANBELAJAR SISWADIMAN1ROKANHULURIAU Ole h: SALMI Email:Salmirusdi44@gmail.com FAKULTASPSIKOLOGIUINSUSKARIAU ABSTRAK Fenomena yang terjadi bahwa sebagian besar siswa MAN1 Rokan Hulu kurang memiliki ke mandirian dalam belajar. Kemandirian belajar adalah inisiatif dan keterampilan dalam menganalisa kebutuhan belajarnya sendiri, merumuskan tujuan belajarnya sendiri dan mela ksanakan strategi belajar yang sesuai serta mengevaluasi kemandirian belajarnya . Peneli tian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sos ial orang tua dan motivasi belajar denga n kemandirianbelajarsiswadi MAN1RokanHuluRiau. Jenis penelitianiniadalah penelitian kuantitatif, dengan jumlah subjek pene lit ian sebanyak 93 ora ng yaitu kelas X, XII, dan XII, dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kemandirian belajar oleh Sunaryo Kartadinata (dalam Aulia Rahma, 2016), skala dukungan sosial orang tua oleh Sarafino (dalam Ri f’ati, 2018) , dan skala motivasi belajar oleh Sardiman(dalamIfniOktiani, 2018)yangdianalisismenggunakananalisisregresi ganda (Multipl e Regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat si gnifikan antara dukungan sos ial orang tua dan motivasi belajar dengan kemandirian belaj ar siswa, dengan F = 61,798 dan p<0,01. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yaitu terdapat hu bungan positif antara dukungansosi alorangtuadanmotivasibelajardengankemandirianbelajarsiswa di MAN 1 Rokan Hulu Riau. Adapun sumbangan efektif dukungan sosial orang tua dan motivasi belajar sebesar 56,8% artinya dukungan sosial orang tua dan motivasibelajarmampumeningkatkankemandirianbelajarsiswa. Kata kunci: dukungan sosial orang tua, motivasi belajar, dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:47
Last Modified: 28 Jul 2022 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62595

Actions (login required)

View Item View Item