PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SINGINGI KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Zarnita, (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SINGINGI KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif Creative Problem Solving dengan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi pada bulan 28 April sampai 21 Mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian inia dalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Singingi yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 ( kelas eksperimen) dan XI IPA 2 (kelas kontrol) yang telah di uji homogenitasnya menggunakan uji varians. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu asam basa, pretest dan posttest sebagai data akhir. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 5,24 dan ttabel = 2,02 dan menunjukkan thitung > ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan metode Demonstrasi. Kata Kunci:Model Pembelajaran Kooperatif, Creative Problem Solving, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar dan Koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Aug 2016 06:50
Last Modified: 05 Aug 2016 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6254

Actions (login required)

View Item View Item