Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PENYAMPAIAN BERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP TELEKOMUNIKASI PEKANBARU

SITI DELISA, - (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PENYAMPAIAN BERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP TELEKOMUNIKASI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

SITI DELISA (2022) : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PENYAMPAIAN BERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP TELEKOMUNIKASI PEKANBARU Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dilaksanakan di SMP Telekomunikasi Pekanbaru yang memperoleh suatu produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang valid dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Develompment atau pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah Borg & Gall, yang dibatasi sampai dengan tahap ketujuh yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket validasi dan angket respon guru serta angket respon siswa, teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif yaitu static deskriptif. Hasil yang peneliti dapatkan adalah media pembelajaran berbasis multimedia interaktif bersifat valid dengan persentase untuk media 79.65% dan persentase untuk materi/bahasa berjumlah 87.10%. Sedangkan respon guru melalui angket respon guru di kategorikan sangat valid dengan persentase penilaian 85,84%, dan respon siswa melalui angket respon siswa di kategorikan valid dengan persentase nilai 79.43 %, serta media sangat efektif digunakan dengan perbandingan nilai sebelum menggunakan media nilai siswa berjumlah 78-83, sesudah menggunakan media hasil nilai siswa berkisar 85-89. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi penyampaian berita untuk meningkatkan kemampuan menyimak dalam mata pelajaran bahasa indonesia kelas VIII di SMP Telekomunikasi Pekanbaru valid dan efektif sehingga dapat digunakan pada pembelajaran bahasa indonesia. Kata Kunci: Pengembangan, multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:11
Last Modified: 28 Jul 2022 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62446

Actions (login required)

View Item View Item