Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN SCHOOL WELL-BEING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 42 PEKANBARU

ULFA TAHTA ALVINA, - (2022) HUBUNGAN SCHOOL WELL-BEING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 42 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

HUBUNGAN SCHOOL WELL-BEING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 42 PEKANBARU ULFA TAHTA ALVINA ulfa.tahta.alvina@students.uin-suska.ac.id Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Sekolah sebagai lembaga formal harus bisa menciptakan lingkungan belajar yang dapat memotivasi siswa sehingga siswa dapat mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki dan mengembangkan keterampilan belajarnya agar siswa dapat meningkat potensi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara school well-being dengan motivasi belajar pada siswa SMP Negeri 42 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penentuan sample yaitu probability sampling menggunakan teknik simple propotionet stratifiet sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 831 orang dan diperoleh sampel 270 siswa. alat ukur yang digunakan yaitu skala School well-being dan skala motivasi belajar yang peneliti susun sendiri. Koefisien reliabilitas skala School well-being 0,816, dan koefisien reliabilitas skala motivasi belajar 0,889. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,570. dengan signifikan 0,000. Selain itu, ditemukan nilai R squared variabel school well-being terhadap variabel motivasi belajar sebesar 0,325 yang berarti school well-being memberikan sumbangan efektif sebesar 32,5% terhadap motivasi belajar. Dengan demikian, hipotesis diterima. Artinya, semakin tinggi school well-being maka semakin tinggi motivasi belajar, begitu pula sebaliknya semakin rendah school well-being maka semakin rendah motivasi belajar. Kata Kunci: School well-being, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:31
Last Modified: 27 Jul 2022 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62249

Actions (login required)

View Item View Item