Suparyanti (2014) PENGARUH PARTISIPASI MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI IPS TERPADU KELAS IX DI SMPN 1 KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (46kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pengaruh partisipasi mengikuti ekstrakulikuler (variabel bebas/independen atau variabel X) terhadap hasil belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara partisipasi mengikuti ektrakulikuler terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi IPS Terpadu kelas IX SMP Negeri 1 Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah pengaruh partisipasi mengikuti ekstrakulikuler terhadap hasil belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IX yang mengikuti ekstrakulikuler koperasi berjumlah 27 siswa, karena jumlah populasinya sedikit, maka penulis tidak mengambil sampe. Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS versi 19.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara partisipasi mengikuti ekstrakulikuler terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajara IPS Terpadu di kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar Kiri Tengah, dengan kontribusi partisipasi mengikuti ektrakulikuler terhadap hasil belajar siswa adalah 0.263 X 100% = 26,3% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana ro (observasi) = 0,513, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,381 < 0,513> 0,487, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 03:17 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6223 |
Actions (login required)
View Item |