Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL ORANG TUA SISWA DENGAN KEBIJAKAN PEMBELAJARAN SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX DAN RSME

Rahmad Fauzi H, - (2022) ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL ORANG TUA SISWA DENGAN KEBIJAKAN PEMBELAJARAN SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX DAN RSME. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
file lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sekolah Dasar Negeri 01 Padang Air Dingin merupakan sebuah instansi yang bergerak di bidang pendidikan dengan status sekolah negeri yang memiliki 8 ruang belajar, 1 perpustakaan, 1 ruang guru, dan 1 gudang serta memiliki 10 tenaga pendidik yang pegawai negeri maupun honorer dan memiliki 136 orang siswa dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Iqra Solok merupakan sebuah instansi pendidikan swasta yang memiliki 22 ruang belajar, 1 ruang guru dan memiliki 44 orang guru serta memiliki 566 orang siswa. Di daerah solok rata-rata pendidikan itu sudah menggunakan secara daring, ada dua sekolah yang dilakukan observasi secara langsung yaitu SDN 01 Padang Air Dingin dan SD IT Iqra Solok. Pada SDN 01 Padang Air Dingin sistem pembelajaran daring dilakukan dengan cara memberikan tugas-tugas dan materi pembelajaran yang dikirim melalui handphone orang tua siswa atau bagi orang tua siswa yang tidak memiliki handphone harus menjemput serta mengatar tugas-tugas anaknya langsung ke rumah guru yang bersangkutan. Setelah materi dikirim melalui handphone atau dijemput, Orang tua siswa dituntut untuk mengajarkan materi tersebut kepada anak mereka masing-masing. Hal ini menyebabkan terjadinya beban kerja mental kepada orang tua siswa., Oleh karena itu dilakukan analisis beban kerja mental orang tua siswa dengan kebijakan pembelajaran secara daring dimasa pandemi COVID-19 menggunakan metode National Aeronautics and Space Administration-Task Load Index (NASA-TLX) dan Rating Scale Mental Effort (RSME). Tujuan dari penelitian ini yaitu Evaluasi beban kerja mental orang tua dari SD 01 Negeri Padang Air Dingin dan SD IT Iqra Solok dan rekomendasi usulan perbaikan konsep pembelajarang daring yang lebih efektif kepada pihak sekolah. Berdasarkan hasil analisis National Aeronautics and Space Administration-Task Load Index (NASA-TLX) dan Rating Scale Mental Effort (RSME) maka peniliti memberikan beberapa rekomendasi usulan yaitu Mensosialisasikan proses dan mekanisme pembelajaran menggunakan sistem daring kepada orang tua siswa, sehingga orang tua sudah memiliki persiapan ketika sistem pembelajaran daring di terapkan oleh sekolah, Guru memberikan tugas kepada siswa sesuai dengan materi yang diberikan dan memberikan pedoman materi kepada orang tua siswa, sehingga orang tua tidak kesulitan dalam membantu anaknya mengerjakan tugas, Guru memberikan beberapa pedoman materi yang mudah dipahami oleh orang tua siswa, Orang tua siswa diharapkan saling bekerja sama dengan pihak sekolah untuk meluangkan waktu bagi anaknya dalam pelaksanaan proses sistem pembelajaran daring yang diterapkan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:19
Last Modified: 27 Jul 2022 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62195

Actions (login required)

View Item View Item