PENERAPAN STRATEGI APA ISI KESELURUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 165 PEKANBARU

Masnoni, (2014) PENERAPAN STRATEGI APA ISI KESELURUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 165 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui strategi apa isi keseluruhan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang menjadi subjeknya adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru dan objeknya yaitu penerapan strategi apa isi keseluruhan. Berhasilnya penerapan strategi apa isi keseluruhan pada mata pelajaran bahasa Indonesia, dapat diketahui setelah adanya peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya 19 orang dengan persentase 48.87% dengan kategori “kurang mampu” karena 48.87% berada pada rentang 41 – 55%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 27 orang dengan persentase 69,23% dengan kategori “cukup” karena 69.23% berada pada rentang 56-70%. Pada siklus II semua siswa tuntas dengan persentase 100% kategori “baik sekali” karena 100% berada pada rentang 90-100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru dapat ditingkatkan dengan strategi apa isi keseluruhan .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:06
Last Modified: 05 Aug 2016 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6215

Actions (login required)

View Item View Item