Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SOAR DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS: USAHA BORDIR KOMPUTER JONIFER EMBROIDERY)

BUNGA YULIA NAZRA, - (2022) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SOAR DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS: USAHA BORDIR KOMPUTER JONIFER EMBROIDERY). Marketing Strategy Planning Using SOAR Method and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Case Study: Computer Embroidery Business Jonifer Embroidery). ISSN 2169-8767 (In Press)

[img]
Preview
Text
UPLOAD REPOSITORI BUNGA YULIA NAZRA_compressed.pdf - Published Version

Download (861kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di salah satu usaha bordir komputer di Agam, Sumatera Barat. Usaha ini melakukan produksi dan memasarkan produk seperti bordir logo dan pakaian. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui terjadinya penurunan tingkat penjualan. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor pemasaran diantaranya, tidak adanya kesepakatan harga jual, pandemik covid-19, akses peninjauan produksi terbatas, dan penggunaan media sosial yang tidak optimal dalam melakukan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh alternatif-alternatif strategi yang dapat dilakukan pada pemasaran dan untuk memperoleh strategi prioritas pemasaran pada usaha bordir komputer. Penelitian ini menggunakan metode SOAR dan QSPM. Metode SOAR merupakan metode yang dilakukan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal untuk memperoleh alternatif-alternatif strategi pemasaran. Sedangkan metode QSPM merupakan metode yang dilakukan untuk memperoleh strategi prioritas pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 11 alternatif strategi dimana strategi prioritas yang diperoleh adalah meningkatkan kualitas dan variasi penawaran produk dan mengoptimalkan promosi untuk meningkatkan penjualan dengan skor TAS 7,310. Kata Kunci: Pemasaran, SOAR, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:41
Last Modified: 27 Jul 2022 06:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62147

Actions (login required)

View Item View Item