Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN KUBU BABUSSALAM KABUPATEN ROKAN HILIR

NOVITASARI NANDA, - (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KECAMATAN KUBU BABUSSALAM KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Novitasari Nanda, (2022): Pengaruh Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Kecamatan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Kecamatan Kubu Babussalam Rokan Hilir. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu variabel bebas (Vx) berupa PAIKEM dan variabel terikat (Vy) Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitaif dengan menggunakan metode Ex-Post Facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan objeknya adalah pelaksanaan pembelajaran aktif, inivatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 95 siswa sehingga teknik pengambilan sampelnya merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data deskriptif, mengubah data ordinal ke interval, uji linieritas, dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil pengajuan hipotesis dimana nilai t tabel 1% < t hitung > t tabel 5% adapun penentuan nilai t tabel dengan rumus n - k (95 – 2) = 93 sehingga t tabel 1% sebesar 2,62973 sedangkan t tabel 5% sebesar 1,98580 sehingga t tabel 1% (2,62973) < t hitung (9,984) > t tabel 5% (1,98580) dan nilai signifikan yang dihasilkan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dengan tingkat konstribusi sebesar 51,7% sedangkan sisanya sebesar 48,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM), Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:51
Last Modified: 26 Jul 2022 01:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62029

Actions (login required)

View Item View Item