Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DALAM PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII DI SMA NEGERI 01 BUKIT BATU

SEPTI IMANSARI, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DALAM PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII DI SMA NEGERI 01 BUKIT BATU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SEPTI IMANSARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Septi Imansari (2022) : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Bassed Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dalam Pelajaran Akuntansi Kelas XII di SMA Negeri 01 Bukit Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada kemampuan memecahkan masalah siswa dikelas XII yang menggunakan model pembelajaran Problem Bassed Learning dengan kemampuan memecahkan masalah siswa dikelas XII yang menggunakan model pembelajaran konvesional di SMA Negri 01 Bukit Batu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan sebagian besar siswa yang cenderung pasif terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru,hal ini dapat dilibatkan bahwa masih banyak siswa yang kurang terhadap kemampuan memecahkan masalah dalam pelajaran yang diberikan oleh guru. Jenis peneltian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Desain With Nonequivalent Grup. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa kelas XII IPS sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Bassed Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi (Akuntansi). Populasi yaitu seluruh siswa siswi IPS kelas XII sebanyak 140 siswa sedangkan sampel adalah siswa kelas XII IPS.1 dan XII IPS. 2 sebanyak 60 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,tes,dan dokumentasi. Hasil pengujian korelasi product moment postest dapat ditemukan bahwa bahwa taraf signifikan 5 % (02542) dan 1% (0,3301) atau 0,2542 < 0,373 > 0,3301 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan yang menggunakan model pembelajaran problem base learning dengan kemampuan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 01 Bukit Batu. Dengan adanya perbedaan tersebut maka dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 01 Bukit Batu. Kata kunci: Pengaruh, Model Problem Bassed Learning, Kemampuan Memecahkan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:16
Last Modified: 26 Jul 2022 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62014

Actions (login required)

View Item View Item