ZA’IMUL UMAM, - (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
TESIS ZA'IMUL UMAM.pdf Download (19MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Za’imul Umam, (2022): Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Multiple Intelligences Pada Siswa Kelas 2 Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keragaman bahan ajar dan kebutuhan guru dan siswa untuk mengembangkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan bahan ajar bahasa arab berbasis multiple intelligences, mengetahui validitasnya dan efektivitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Application, and Evaluation). Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru, dan sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bahan ajar berbasis multiple intelligences valid dengan persentase dari segi materi 92,4%, bahasa 87,5% dan desain 94,23%. (2) Materi pembelajaran berbasis multiple intelligences efektif untuk meningkatkan pemahaman qawaid siswa, hal ini dapat diketahui dari hasil tes Wilcoxon 0,000 yang kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Multiple Intelligences
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 03:34 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 03:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62005 |
Actions (login required)
View Item |