Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSTRUKSI MEDIA PADA PEMBERITAAN AKSI RICUH MAHASISWA RIAU TOLAK OMNIBUSLAW DI MEDIA ONLINE (STUDI PADA MEDIA ONLINE TRIBUNNEWSPEKANBARU.COM DAN CAKAPLAH.COM)

PUJI LESTARI, - (2022) KONSTRUKSI MEDIA PADA PEMBERITAAN AKSI RICUH MAHASISWA RIAU TOLAK OMNIBUSLAW DI MEDIA ONLINE (STUDI PADA MEDIA ONLINE TRIBUNNEWSPEKANBARU.COM DAN CAKAPLAH.COM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUJI LESTARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Program Studi Judul : : : Puji Lestari Ilmu Komunikasi Konstruksi Media Pada Pemberitaan Aksi Ricuh Mahasiswa Riau Tolak Omnibuslaw di Media Online (Studi Pada Media Online TribunnewsPekanbaru.com dan Cakaplah.com) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konstruksi Media Pada Pemberitaan Aksi Ricuh Mahasiswa Riau Tolak Omnibuslaw di Media Online Tribunnewspekanbaru.com dan Cakaplah.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sebagai objek dari penelitian ini adalah berita dari Tribunnews.com dan Cakaplah.com yang memberitakan Aksi tolak omnibuslaw oleh Mahasiswa Riau. Analisis menggunakan Teori Framing Zhongdang dan Pan Konsicki tentang empat struktur framing yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil dari analisis framing terhadap media Tribunnews menyatakan dari struktur sintaksis bahwa artikel yang disajikan memiliki Headline yang sesuai dengan judul dan keseluruhan berita. Selain itu, dari struktur skrip, berita dari Tribunnews sudah memenuhi kebutuhan informasi 5W+1H. Dari aspek tematik berita yang disampaikan tidak hanya fokus pada kondisi yang terjadi, juga disajikan alasan-alasan dari terjadinya aksi-aksi tersebut. Struktur retoris berita dari idiom dan gambar yang disajikan oleh Tribunnews memiliki keterkaitan dengan isi berita yang disampaikan. Hasil dari analisis framing terhadap media Cakaplah menyatakan dari struktur sintaksis bahwa artikel yang disajikan memiliki Headline yang sesuai dengan judul dan keseluruhan berita. Namun headline berita tidak didukung oleh isi-isi yang mampu merincikan headline tersebut. Hal ini dibuktikan pada struktur skrip, berita dari Cakaplah tidak mencantumkan alasan-alasan terjadinya aksi maupun kericuhan. Dari aspek tematik berita yang disampaikan hanya fokus pada penggambaran kondisi yang terjadi dari aksi yang berjalan. Struktur retoris berita dari idiom dan gambar yang disajikan oleh Cakaplah belum memiliki keterkaitan dengan isi berita yang disampaikan. Perbandingan dari media Tribunnews.com dan Cakaplah.com ini menunjukan bahwa Tribunnews.com lebih mampu menyajikan berita yang jelas, rinci, dan berimbang. Kata Kunci: Framing, Media, Konstruksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:04
Last Modified: 22 Jul 2022 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61675

Actions (login required)

View Item View Item