Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER KELAS X IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBUSAI TAHUN AJARAN 2021/2022

Titin Suprayatini Hsb, Titin (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER KELAS X IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBUSAI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada materi dinamika hidrosfer kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambusai tahun ajaran 2021/2022.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X IPS berjumlah 84 siswa . Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa.Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan tes soal.Analis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif,. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada materi dinamika hidrosfer.Hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan media video dapat dilihat dari rata-rata pre test 43.33 menjadi 81,66 pada nilai post test.Hal ini dapat menunjukkan ada kenaikan hasil belajar siswa pada kelas experimen sebesar 88,45%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media video,Hasil belajar siswa,Dinamika hidrosfer
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jul 2022 06:38
Last Modified: 22 Jul 2022 06:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61648

Actions (login required)

View Item View Item