Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN E-MODUL INTERAKTIF INDEPENDENT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs AMANATUL HUDA SURYA INDAH

NUR AZIZAH, -Cicah (2022) DESAIN E-MODUL INTERAKTIF INDEPENDENT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs AMANATUL HUDA SURYA INDAH. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TESIS LENGKAP KECUALI BAB IV NUR AZIZAH OK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV NUR AZIZAH watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Nur Azizah (2022) : Desain E-Modul Interaktif Independent Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Amanatul Huda Surya Indah Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain e-modul interaktif independent learning dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Amanatul Huda, untuk mengetahui validasi dari pengembangan e-modul interaktif independent learning dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Amanatul Huda, dan untuk mengetahui praktikalitas dari pengembangan e-modul interaktif independent learning dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Amanatul Huda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang peneliti gunakan adalah model penggembangan 4D. Tahapan penelitian menggunakan model 4D ini adalah Define, Design, Development, dan Dissemination. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah e-modul interaktif dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan aplikasi Flip Pdf Corporate. Validasi produk dilakukan oleh 10 orang validator yang terdiri dari stake holder dan pakar IT serta diuji coba kepada 20 orang siswa kelas VII MTs Amanatul Huda. Produk yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validasi dan praktikalisasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket Produk yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validasi dan praktikalisasi. Data yang didapat kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisannya. Pengkategorian hasil kevalidan dengan teknik yang dikemukakan Riduwan: 0-20 Tidak valid, 21-40 Kurang valid, 41-60 Cukup valid, 61-80 Valid, 81-100 Sangat valid. Hasil validasi secara umum oleh 10 orang validator dengan nilai 84,28% menunjukkan bahwa e-modul interaktif independent learning sangat valid. Hasil validasi pada aspek kelayakan isi 81,33%, pada aspek kelayakan penyajian 86%, pada aspek penilaian bahasa 85% dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji coba oleh 20 orang siswa secara umum dengan nilai 84,39% menunjukkan bahwa e-modul Interaktif independent learning sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil praktikalisasi pada aspek tampilan 83,53%, pada aspek penyajian materi 82,31%, dan pada aspek manfaat 86,58% dengan kategori sangat praktis, hasil validasi oleh 10 orang validator dan uji coba kepada 20 orang siswa menunjukkan bahwa e-modul interaktif independent learning ini sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran Kata Kunci: Penelitian R&D, E-Modul Interaktif

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:48
Last Modified: 21 Jul 2022 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61572

Actions (login required)

View Item View Item