Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI AKADEMIK DENGAN LEARNING SATISFACTION PADA PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PEKANBARU DI MASA PANDEMI COVID-19”

Siska Ilmi Hasnah, - (2022) “HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI AKADEMIK DENGAN LEARNING SATISFACTION PADA PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PEKANBARU DI MASA PANDEMI COVID-19”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hubungan antara Resiliensi Akademik dengan Learning Satisfaction pada Pembelajaran Daring Mahasiswa Pekanbaru dimasa Pandemi Covid-19 Siska Ilmi Hasnah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Siskailmihasnah16@gmail.com ABSTRAK Pandemi covid-19 berdampak pada pendidikan sehingga adanya perubahan sistem pembelajaran yaitu beralih dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Sejumlah tantangan dalam mengimplementasikan pembelajaran daring berpotensi membuat pembelajaran daring tidak berjalan ideal dan nantinya berdampak pada learning satisfaction atau kepuasan mahasiswa. Learning Satisfaction merupakan unsur afektif yang terjadi ketika mahasiswa merasakan adanya konsistensi antara impian dan pengalaman. Masalah-masalah psikologis juga timbul, sehingga dibutuhkan ketahanan psikologis menghadapi situasi yang tidak menyenangkan dan kemampuan beradaptasi, yaitu resiliensi akademik untuk menjadi faktor learning satisfaction pada mahasiswa selama pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana hubungan antara resiliensi akademik dengan learning satisfaction pada pembelajaran daring mahasiswa pekanbaru dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun jumlah subjek penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan skala resiliensi akademik dan learning satisfaction yang dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara resiliensi akdemik dengan learning satisfaction pada pembelajaran daring mahasiswa pekanbaru dimasa pandemi covid-19 berdasarkan koefisien r = 0,276 dan koefisien signifikan (p) = 0,006 (p<0,01). Selain itu, resiliensi akademik rata-rata mahasiswa berada pada kategori tinggi dan learning satisfaction berada pada kategori sedang. Kata kunci: Resiliensi Akademik, Learning Satisfaction, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:18
Last Modified: 22 Jul 2022 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61442

Actions (login required)

View Item View Item