Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 8 MANDAU DURI KABUPATEN BENGKALIS

RAHMATUL YULIA SARI, - (2022) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 8 MANDAU DURI KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB I V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmatul Yulia Sari (2022) : Pengaruh Model Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Mandau Kabupaten Bengkalis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerapan model flipped classroom terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi di sekolah Menengah Atas Negeri 8 Mandau. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan Design yang digunakan adalah Nonequivalen Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang belajar ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Mandau yang berjumlah 238. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI yang berjumlah 60 siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan Random Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objek adalah pengaruh model flipped classroom terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data digunakan adalah Uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara menggunakan model flipped classroom terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Mandau dengan thitung > ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (2,001<3,806>2,663), dan nilai sig.<0,05 (0,003<0,05) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Model Flipped Classroom, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:02
Last Modified: 19 Jul 2022 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61419

Actions (login required)

View Item View Item