Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE ROTATING ROLES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDI AL-AZHAR 54 PEKANBARU

TRI MULYA, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE ROTATING ROLES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDI AL-AZHAR 54 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI-TRI MULYA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tri Mulya, 2022: Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Rotating Roles Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al- Azhar 54 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada tema daerah tempat tinggalku muatan pembelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan model Active Learning Tipe Rotating Roles di Kelas IV SDI Al-Azhar 54 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilaln berbicara diantaranya siswa kurang memiliki ketepatan mengucapan, siswa kurang mampu dalam menjaga aturan tata bahasa dalam berbicara dan siswa kurang mampu dalam memilih kosa kata atau kalimat yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Active Learning Tipe Rotating Roles dan keterampilan berbicara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa model pembelajaran Active Learning Tipe Rotating Roles dapat meningkatkan keterampilan berbicra siswa pada tema daerah tempat tinggalku muatan pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDI Al Azhar 54 Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan yaitu persentase yang diperoleh 57% atau tergolong “kurang baik” karena berada pada rentang 50-59%. Setelah di lakukan tindakan perbaikan pada siklus I keterampilan berbicara siswa meningkat dengan persentase diperoleh 74% atau tergolong “Baik” karena berada pada rentang 70-79%. Nilai KKM yang ditentukan sekolah belum tercapai yaitu 80 maka dilakukan perbaikan pada siklus II keterampilan berbicara siswa meningkat dengan persentase yang diperoleh 82% tergolong “Baik Sekali” karena pada rentang 80-100%, artinya sudah mencapai indikator bekerhasilan. Kata Kunci: Model Active Learning Tipe Rotating Roles, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:19
Last Modified: 18 Jul 2022 08:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61307

Actions (login required)

View Item View Item