Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PERTANYAAN PEMBALIKAN PERAN TERHADAP AKTIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTASI DI KELAS XI ADP SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TAMBANG

Sherly Madani, Sherly (2022) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PERTANYAAN PEMBALIKAN PERAN TERHADAP AKTIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTASI DI KELAS XI ADP SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pertanyaan Pembalikan Peran terhadap Aktivitas belajara siswa pada mata pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen, yaitu penelitian berperan sebagai observer sedangkan guru yang menerapkan strategi pembelajara tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pertanyaan Pembalikan Peran Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Data dikumpulkan dengan menggunakan Observasi dan Dokumentansi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil uji t tersebut diketahui nilai thitung > ttabel baik dalam α = 0.01 maupun α = 0.05 (2.03 < 4.3410 > 2.72) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara pengguanaan strategi pembelajaran aktif tipe pertanyaan pembalikan peran terhadap aktivitas belajar siswa. Berdasarkan Hasil Perhitungan Effect Size diperoleh d sebesar 1.40 yang termasuk kedalam kategori “besar”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:16
Last Modified: 18 Jul 2022 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61304

Actions (login required)

View Item View Item