PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN HANDOUT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 INUMAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Warni Agri Ilustri, (2014) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN HANDOUT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 1 INUMAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan Handout dan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Inuman Kabupaten Kuantan Singingi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan Handout dan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Inuman Kabupaten Kuantan Singingi?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Dimana sampel yang digunakan untuk kelompok kontrol dan eksperimen dipilih secara random. Dalam melaksanakan kegiatan penelitian, terdapat dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang keduanya diberikan uji pretest untuk mengetahui bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Dalam penelitian ini, peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai pengamat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak 6 kali, yaitu pertemuan pertama melakukan tes pretes, 4 kali pertemuan berikutnya menerapkan Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan Handout, dan pertemuan terakhir mengadakan postest. Untuk mengetahui hasil penelitian kemampuan pemahaman konsep matematika, dilakukan uji tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan Handout terhadap Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Inuman Kabupaten Kuantan Singingi, dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:19
Last Modified: 03 Aug 2016 04:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6127

Actions (login required)

View Item View Item