Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA HOME INDUSTRY IBU DHAFA DI DESA KAYU ARO KECAMATAN KAMPAR DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

DEWI RUSMAYANTI, - (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA HOME INDUSTRY IBU DHAFA DI DESA KAYU ARO KECAMATAN KAMPAR DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEWI RUSMAYANTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK DEWI RUSMAYANTI (2022): Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Home industry Ibu Dhafa Di Desa Kayu Aro Kecamatan Kampar Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya persaingan antar pengusaha untuk memikat konsumen dalam meningkatkan penjualan mereka. Salah satunya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran, strategi harus dilakukan secara efektif agar dapat meningkatkan penjualan dengan baik pula. Kegiatan pemasaran umumnya memfokuskan diri pada aspek produk, harga, promosi dan distribusi atau yang biasa disebut dengan bauran pemasaran. Adapun aktivitas dari bauran pemasaran memberikan peran yang penting bagi kelangsungan hidup suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran home industry Ibu Dhafa dan dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informen sebanyak 3 orang yang terdiri dari pemilik, reseller dan konsumen, teknik pengambilan nya dengan purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh dari pihak yang bersangkutan dan data sekunder diperoleh dari bukubuku, jurnal, skripsi dan lainnya. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran usaha home industry Ibu Dhafa secara umum terdiri dari empat aspek yaitu strategi produk, strategi harga, strategi promosi dan strategi distribusi. Hal ini terbukti dalam strategi bauran pemasaran 4p yaitu; strategi produk (product) berupa senantiasa meningkatkan kualitas produk, banyak varian produk yang menarik, dan kemasan produk yang baik dan menarik. Strategi harga (price) berupa penetapan harga, dan menjaga stabilitas harga. Strategi distribusi (place) berupa tempat usaha yang strategis, tempat usaha yang nyaman, lokasi mudah terlihat, dan melakukan pendistribusian ketoko-toko terdekat. Dan strategi promosi (promotion) berupa melakukan periklanan secara offline dan online. Secara keseluruhan strategi pemasaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan hasil penjualan dan meningkatkan keuntungan atau laba usaha. Strategi pemasaran home industry Ibu Dhafa dalam perspektif etika bisnis Islam berlandaskan pada landasan ketauhidan, kehendak bebas, pertanggungjawaban dan keadilan dan keseimbangan. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:11
Last Modified: 15 Jul 2022 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61229

Actions (login required)

View Item View Item