Syukri Ismael Ridho (2014) PENGARUH KOMPETENSI GURU DALAM MANAJEMEN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (49kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kompetensi guru dalam manajemen kelas (variabel bebas/independen atau variabel X) dan minat belajar siswa (variabel terikat/dependen atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh antara komptensi guru dalam manajemen kelas terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru, sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru dalam manajemen kelas terhadap minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitiannya adalah Kompetensi guru dalam manajemen kelas dan minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 SMP Negeri 17 Pekanbaru yang berjumlah 276 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehknik purpousive sampel dengan jumlah sampel 100 orang. Pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Data terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian Korelasi, yang kedua variabelnya bersifat ordinal, maka data dianalisis dengan teknik Korelasi Koefisien Kontingensi. Dari hasil analisa statistik dengan menggunakan Korelasi Koefisien Kontingensi pada kompetensi guru dalam manajemen kelas dan minat belajar siswa diperoleh harga phi =0,345 lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% = 0,195 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,254. Artinya, semakin baik kompetensi guru dalam manajemen kelas, maka semakin tinggi pula minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kompetensi Guru dalam Manajemen Kelas terhadap minat belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 04:02 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 04:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6118 |
Actions (login required)
View Item |