Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INOVASI PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) PROVINSI RIAU

Mutia Rahma, Mutia (2022) INOVASI PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)

Abstract

Inovasi adalah proses kreatif membuat sesuatu hal yang baru atau memodifikasi yang sudah ada. Adapun rumusan masalah penelitian adalah bagaimana inovasi pelayanan perizinan dan non perizinan di DPMPTSP Provinsi Riau, dan faktor apa saja yang menghambat pelaksanaan inovasi pelayanan perizinan dan non perizinan di DPMPTSP Provinsi Riau. Penelitian ini dilakukan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui inovasi pelayanan perizinan dan non perizinan di DPMPTSP Provinsi Riau dan untuk mengetahui apa saja faktor yang penghambat proses pelaksanaan inovasi perizinan dan non perizinan di DPMPTSP Provinsi Riau. Jenis penelitian skripsi ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian terdiri dari 3 orang pegawai DPMPTSP Provinsi Riau dan 5 orang masyarakat. Penelitian skripsi menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi agar mendapatkan hasil dari penelitian. Teknik analisa data kualitatif menggunakan cara reduksi data atau merangkum, penyajian data setelah direduksi kemudian penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian skripsi yang dilakukan penulis dapat dikatakan sudah berjalan baik, didukung oleh APBN dan APBD dari pemerintah. Terlihat dari masih berjalannya inovasi yang telah ditetapkan oleh DPMPTSP Provinsi Riau sesuai dengan kriteria dari PERMENPAN-RB mulai membuat perubahan terhadap masyarakat, sistem inovasi yang diterapkan masih berjalan, manfaat yang dirasakan masyarakat sudah tidak perlu ke kantor untuk mengetahui proses perizinan, replikasi dapat dilakukan oleh dinas pelayanan lainnya dan inovasi ini masih bekelanjutan hingga saat ini. Namun masih ditemukannya beberapa kendala dalam pelaksanaan inovasi, Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan inovasi di DPMPTSP Provinsi Riau masih adanya pegawai kurang disiplin, masih adanya pegawai memberikan pelayanan kurang ramah kepada masyarakat, dan masalah jaringan internet tidak stabil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Publik, Perizinan dan Non Perizinan, DPMPTSP Provinsi Riau
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:18
Last Modified: 14 Jul 2022 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61179

Actions (login required)

View Item View Item