PENGARUH KEWIBAWAAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

Fatimah, (2014) PENGARUH KEWIBAWAAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Disiplin adalah suatu keadaan tata tertib dimana orang-orang tergabung dalam suatu organisasi tunduk pada peraturan yang ada dengan rasa senang hati. Dalam dunia pendidikan disiplin merupakan salah satu alat pendidikan yang bersifat preventif, untuk menjaga hal-hal yang dapat mengganggu atau menghambat kelancaran pendidikan untuk mewujudkan suasana disiplin. Adapun permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan kewibawaan guru mata pelejaran Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan persentase. Sedangkan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif yang signifikan kewibawaan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan siswa, maka data yang telah ada akan di analisa dengan regresi linier. Setelah penulis melaksanakan penelitian di lapangan untuk menjawab permasalahan tersebut, ternyata tingkat pengaruh kedua variable berada pada kategori rendah, yaitu 0,440 dan koefisien Determinasi (R Square) adalah kontribusi kewibawaan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru adalah 19,4 %. Kesimpulan pengujian Hipotesis, dengan dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) ada pengaruh yang signifikan kewibawaan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru, dengan sendirinya (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Aug 2016 02:41
Last Modified: 02 Aug 2016 02:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item View Item