Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARASISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SDN 002 IBUL KECAMATAN PUCUK RANTAU KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

SANTI SUKMA NINGSI, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARASISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SDN 002 IBUL KECAMATAN PUCUK RANTAU KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Santi Sukma Ningsi, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Ibul Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku melalui penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Ibul Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa. Objeknya penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dan keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data digunakan yaitu analisis deskripsi Kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dilihat sebelum tindakan keterampilan berbicara siswa hanya 51,50% atau kategori Kurang Baik. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I keterampilan berbicara siswa menjadi 60,25% atau kategori Cukup Baik. Sedangkan pada siklus II keterampilan berbicara siswa menjadi 80% atau dengan kategori Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran Tematik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Ibul Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC), Keterampilan Berbicara Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:17
Last Modified: 06 Jul 2022 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61001

Actions (login required)

View Item View Item