RISKA ASTARI, - (2022) PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENGEMBANGAN SOFT SKILL SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SMKN 2 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Riska Astari, (2022): Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Pengembangan Soft Skill Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di SMKN 2 Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan Problem Based Learning terhadap pengembangan Soft Skill siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pemilihan model pembelajaran yang tepat sehingga mampu memberikan efek yang positif bagi siswa terutama pada pengembangan Soft Skill siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex-Post Facto. Subjek penelitian ini adalah siswa sedangkan objeknya adalah Problem Based Learning terhadap pengembangan Soft Skill siswa. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 31 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif Kuantitatif, perubahan data Ordinal ke data Interval, Uji Linearitas, Uji Normalitas dan Uji Korelasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Problem Based Learning terhadap pengembangan Soft Skill siswa pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Mandau Kabupaten Bengkalis. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh koefisien nilai R Square = 0,151 = 15,1% ini berarti variabel bebas Problem Based Learning mempengaruhi variabel dependen pengembangan Soft Skill siswa sebesar 15,1% dan sisanya sebesar 84,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh Problem Based Learning, Soft Skill Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 04:10 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 04:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60765 |
Actions (login required)
View Item |