Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU

RAHMAN AGUS MULIA, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.

[img]
Preview
Text
BAB 1- BAB V TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rahman Agus Mulia, (2021) : Penerapan Model Pembelajaran Improve untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar melalui model pembelajaran improve kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek adalah satu orang guru dan 20 orang siswa, dan objek adalah model pembelajaran improve dan kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran improve dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan perbaikan dilakukan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa hanya mencapai angka 59% atau berada pada kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, nilai rata-ratanya meningkat menjadi 66%, berada pada kategori cukup. Begitu pula ketika dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, nilai rata-ratanya kembali meningkat hingga mencapai angka 74% dan sudah berada pada kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran improve dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV B Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Improve.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:08
Last Modified: 01 Jul 2022 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60735

Actions (login required)

View Item View Item