Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 KASIKAN KECAMATAN TAPUNG HULU

NURSAKINAH, - (2022) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 KASIKAN KECAMATAN TAPUNG HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURSAKINAH.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nursakinah, (2022) : Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan dan 21 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Kasikan. Sedangkan objek penelitian ini adalah Pendekatan Matematika Realistik dan kemampuan pemecahan Masalah Siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diketahui bahwa penerapan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan Masalah Siswa. Hal ini dapat dilihat pada sebelum tindakan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa hanya mencapai 63,67 atau masih tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat menjadi 76,38 yang berada pada kategori cukup karena berada pada rentang 71-80%. Kemudian pada siklus II juga terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi 87,90 tergolong kategori baik karena berada pada rentang 81-90%. Artinya hasil kemampuan pemecahan masalah dengan penerapan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN 018 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Kata kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jun 2022 09:00
Last Modified: 28 Jun 2022 09:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60684

Actions (login required)

View Item View Item