Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD ISLAM TERPADU FADHILAH PEKANBARU

VIRA DITA, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD ISLAM TERPADU FADHILAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

VIRA DITA (2022) : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD ISLAM TERPADU FADHILAH PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Take and Give di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitiannya adalah 1 orang guru dan 26 orang siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Sementara objeknya adalah model pembelajaran Take and Give. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan. Grafik peningkatannya tampak dari hasil tes secara lisan pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus, nilai rata-rata siswa adalah 70,0. Kemudian setelah diterapkan model pembelajaran Take and Give dengan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,0. Pada siklus II keterampilan berbicara siswa semakin meningkat dengan nilai rata-rata 85,0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pelajaran tematik muatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Take and Give

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:20
Last Modified: 28 Jun 2022 08:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60643

Actions (login required)

View Item View Item