Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA MTs HUMAIROH HNN TARAI BANGUN

MUHAMMAD RENARDO, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA MTs HUMAIROH HNN TARAI BANGUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Muhammad Renardo, (2022): Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa MTs Humairoh Tarai Bangun ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Aritmatika Sosial untuk kelas VII SMP/MTs yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs Humairoh Tarai Bangun. Subjek penelitian ini adalah para ahli yang merupakan ahli materi dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari dosen serta siswa sebagai subjek uji coba kelompok kecil. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis CTL pada materi Aritmatika Sosial kelas VII SMP/MTs. Desain penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu uji validitas menggunakan lembar validasi instrumen dan lembar validasi LKS, untuk uji kepraktisan menggunakan angket, untuk uji efektivitas menggunakan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Pada proses validasi yang telah dilakukan dengan memberikan intrumen dan perangkat kepada tim validator dan mendapat beberapa komentar dan penilaian yang menyatakan valid untuk diujicobakan, LKS berbasis CTL dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 86,24%. Pada proses uji kepraktisan yang dilakukan dengan penyebaran LKS dan angket kepada 5 orang siswa kelas VII MTs Humairoh Tarai Bangun, LKS berbasis CTL dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kepraktisan 94,44%. Sedangkan untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah tidak melaksanakan proses belajar mengajar diakibatkan wabah covid-19. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi aritmatika sosial dikelas. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Contextual Teaching and Learning (CTL), Aritmatika Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jun 2022 05:01
Last Modified: 29 Jun 2022 05:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60624

Actions (login required)

View Item View Item