PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR DAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMAN 1 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Erma Liza, (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR DAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMAN 1 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya partisipasi merespon siswa SMAN 1 Tambang dalam pelajaran sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X.3 (eksperimen) dan kelas X.5 (kontrol). Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur dan ikatan kimia di kelas X SMAN 1 Tambang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Round Robin dikelas eksperimen dan pembelajaran biasa ( ceramah, dan diskusi) dikelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan melakukan uji homogenitas menggunakan uji bartlet sebagai data awal pada pokok bahasan sistem periodik unsur dan ikatan kimia, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 5,20 dan ttabel= 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya rata-rata gain ternormalisasi <N-Gain> hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,69 yang termasuk kategori sedang dan untuk kelas kontrol adalah 0,56 termasuk kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Round Robin dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur dan ikatan kimia dengan kategori sedang. Kata Kunci :Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Round Robin, Hasil Belajar, Sistem Periodik Unsur , Ikatan Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 31 Jul 2016 18:09
Last Modified: 31 Jul 2016 18:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6062

Actions (login required)

View Item View Item