Nurjannah Pane (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE DRILL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP TRI BHAKTI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode drill dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode drill terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Tri Bhakti Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Pada penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tri Bhakti Pekanbaru sebanyak 87 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode drill. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Pada penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan, yaitu tiga kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode drill dan masing-masing satu pertemuan untuk pelaksanaan pretest dan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode drill dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Ini dapat dilihat dari perbandingan to dengan tt. Dimana pada taraf 5% menunjukkan bahwa to lebih besar dari tt (3,53 > 1,99). Sehingga diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode drill dengan siswa yang memperoleh dengan pembelajaran konvensional di SMP Tri Bhakti Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 31 Jul 2016 18:03 |
Last Modified: | 31 Jul 2016 18:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6060 |
Actions (login required)
View Item |