Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER COMMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU

SEPTIRA GUSNELLA, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER COMMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 1 -BAB V TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Septira Gusnella, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Poster Comment untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema Pahlawanku di Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa pada tema 5 pahlawanku melalui penerapan model pembelajaran poster comment di kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis deskripsi siswa di antaranya kurangnya menulis isi gagasan sesuai urutan gambar yang disajikan, kurangnya menggunakan gaya dan bentuk bahasa yang tepat, dan kurang dapat menggunakan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran poster comment dan keterampilan menulis deskripsi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, penugasan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian analisis data bahwa penerapan model pembelajaran poster comment dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum dilakukan tindakan keterampilan menulis deskripsi siswa hanya mencapai 43,94% atau berada pada kategori kurang baik. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, keterampilan menulis deskripsi siswa meningkat menjadi 60,52% atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II, keterampilan menulis deskripsi siswa mangalami peningkatan menjadi 80,92% atau berada pada kategori baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran poster comment pada tema 5 pahlawanku dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa di kelas IV Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Poster Comment, Keterampilan Menulis Deskripsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:04
Last Modified: 23 Jun 2022 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60554

Actions (login required)

View Item View Item