Alvin Albadru Ashari, Alvin (2022) ANALISIS ISI ETIKA PUBLIC RELATIONS DALAM VIDEO DEBAT PUBLIK PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI BENGKALIS PERIODE 2021 - 2026. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai frekuensi penerapan Etika Public Relations dalam video debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati Bengkalis periode 2021 – 2026. Video debat yang berdurasi 3 jam 33 menit 52 detik ini merupakan salah satu program Komisi Pemilihan Umum sebagai ajang informasi kepada masyarakat perihal calon-calon kepala daerah, dengan harapan masyarakat akan mengetahui latar belakang, visi misi dan program kerja dari setiap pasangan calon sehingga menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk memberikan suaranya di pemilihan kepala daerah. Teori yang digunakan adalah teori Cutlip. M.Broom dan Gross. Konsep yang digunakan yaitu enam poin kode etik Public Relations Society of America (PRSA), yaitu (1) Aliran informasi bebas, (2) Kompetisi, (3) Pengungkapan Informasi, (4) Menjaga kepercayaan, (5) Konflik Kepentingan, (6) Memperkuat Profesi. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan pengukuran dan pengujian reliabilitas serta validitas menggunakan pendekatan R.Holsty. Hasil penelitian menemukan bahwa unit analisis Aliran informasi bebas mengandung 35,06% dari seluruh jumlah nilai unit analisis. Dimana indikator pasangan calon menyampaikan informasi secara bebas yang paling banyak di pakai pada video debat publik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis dengan persentase sebesar 60,90%. Selain itu, diantara keempat pasangan calon bupati dan wakil bupati, pasangan nomor urut 4 Indra Gunawan Eet dan Samsu Dalimunte melakukan penerapan Etika Public Relations lebih banyak daripada pasangan calon lainnya dengan frekuensi 131 memiliki persentase sebesar 29,44%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Public Relations, Kode Etika PRSA, Video Debat Publik |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:22 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60452 |
Actions (login required)
View Item |