PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA MADRASAH ALIYAH TERANTANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Desi Susnita, (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA MADRASAH ALIYAH TERANTANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Seorang siswa yang telah belajar mata pelajaran Aqidah Akhlakdiharapkan akan mempunyai perilaku-perilaku terpuji atau perilaku sosial yang bernilai positif, sebagaimana tergambar dalam perilaku asertif dimana seorang tersebut akan menunjukkansikap tubuh atau bahasa verbal yang positif,mampu melakukan pembicaraan yang bervariasi dan sukses, mempunyai pandangan dan orientasi aktif tentang hidup dan pekerjaan, dapat menguasai diri, bertindak secara terhormat serta menerima keterbatasan diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku asertif siswa Madrasah Aliyah Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 74 orang. Dengan demikian penelitian ini disebut penelitian populasi. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan cara angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisa dengan teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Kemudian diolah dengan bantuan program SPSS 17.0 for Windows.Metode analisis data menggunakan korelasi Product Momentdari Pearsonmenunjukkan r sebesar 0,433 dengan ρ=0,000 lebih besar daripada taraf signifikan 0,01 (ρ<0,01). Artinya ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku asertif siswa Madrasah Aliyah Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 31 Jul 2016 06:34
Last Modified: 31 Jul 2016 06:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6045

Actions (login required)

View Item View Item